Belajar Membuat Blog Professional Sendiri Gratis

Belajar membuat blog professional dan gratis.Sebelum anda memutuskan untuk membuat blog atau bahkan website yang professional, ada baiknya anda belajar terlebih dahulu bagaimana cara dan dasar-dasar membuat membuat blog tersebut. Termasuk di dalamnya cara mengelola, managemen blog dan lain sebagainya. Disini saya akan memandu anda tetapi tidak ke masalah teknis, karena untuk masalah teknisnya saya sudah sediakan dalam bentuk video yang lebih mudah untuk dipahami.

Lalu untuk belajar membuat blog yang professional hal-hal apa saja yang dibutuhkan? Karena kita akan belajar membuat blog secara gratis, jadi anda cukup mempunyai koneksi internet untuk melakukan segalanya, yaitu membuat blog tersebut, dan jangan salah kaprah hehe.

Hal-hal yang harus anda ketahui sebelum membuat blog professional adalah, blog professional yang asli biasanya menggunakan domain TLD (Top Level Domain) anda dapat membelinya ketika sudah mahir nanti, disini kita akan belajar terlebih dahulu. Lalu blog professional juga biasanya menggunakan hosting berbayar, bukan gratisan. Mempunyai struktur permalink yang unique dan singkat tanpa abal-abal, misalnya halaman kontak blog yang professional mempunyai struktur seperti contoh berikut http://www.inavb.com/contact. Hal ini tidak bisa kita dapatkan jika kita minimal tidak membeli domain, atau daftar domain dan hosting gratisan untuk belajar.

Setelah sedikit mengetahui ciri-ciri blog professional, mari kita belajar membuatnya dengan gratis dan menyenangkan. Berikut hal-hal yang harus anda siapkan:

1. Email yang valid (disarankan menggunakan gmail)
Email ini nanti lebih banyak digunakan untuk mendaftarkan domain dan webhosting dengan gratis. Disarankan menggunakan gmail karena kecepatan dan kemudahannya. Jika anda tidak tahu juga cara mendaftar email silakan anda klik panduan ini.

2. Domain dan Webhosting Gratis
Anda bisa mendapatkan banyak domain dan webhosting secara gratis yang bertebaran di internet (biasanya satu paket), namun saya sarankan menggunakan yang sudah teruji agar nantinya berjalan lancar ketika memanage blog anda. Ada beberapa rekomendasi dari saya diantaranya yang sudah pernah saya coba adalah byethost atau idhostinger. Anda dapat melihat tutorial lengkap mendapatkan domain dan hosting gratis di idhostinger silakan klik disini.

3. Mendownload CMS WordPress Self Hosted
Silakan anda mendownload CMS (Content Management System) wordpress. Saya merekomendasikan wordpress karena kemudahan dan banyaknya developer yang telah mengembangkannya, sehingga theme, plugin dan lain sebagainya berlimpah ruah di internet. Anda dapat memperoleh wordpress dihalaman ini. Namun jika anda ingin memakai CMS selain wordpress pun tidak masalah, sesuaikan dengan keahlian anda.

4. Install WordPress di Hosting Tempat Anda Mendaftar
Sebelum melakukan instalasi, anda harus mengupload dulu file wordpress yang telah anda download ke hostingan milik anda. Jika anda ingin lebih mudah dalam mengupload, anda dapat menggunakan filezilla, silakan ikuti panduan ini. Setelah selesai ekstrak dokumen wordpress jika masih dalam bentuk archive (.zip, .tar.gz) jika anda mengupload tadi. Namun jika yang anda upload adalah isinya saja, maka anda sudah tidak perlu mengekstraknya lagi.

Buat database lalu install wordpress, nah ini yang saya sebut dengan masalah teknis. Untuk masalah yang satu ini sudah saya sediakan dalam bentuk video agar semakin jelas dan mudah dipahami. Tentunya akan ada sedikit perbedaan dalam melakukan langkah-langkah instalasinya, tergantung tempat anda mendaftar hosting untuk blog anda. Saya harap anda lebih mandiri pada langkah-langkah ini, jika ada yang tidak anda mengerti pada step dan petunjuknya, silakan bertanya melalui komentar, ataupun anda secara mandiri mampu memecahkan masalah tersebut. Untuk panduan cara membuat database dan instalasi wordpress silakan lihat video di halaman berikut.

Anda telah belajar bagaimana cara membuat blog professional. Sekarang tinggal anda mau belajar dengan sungguh-sungguh atau tidak. Saya yakin jika anda sungguh-sungguh maka dalam waktu 24 jam anda akan mahir mebuat blog yang professional dalam arti tidak membuat coding sendiri tentunya hehe. Setelah itu saya sarankan jika anda telah menguasainya belilah domain TLD dan hosting berbayar, lalu kelola blog anda dengan baik, kalau bisa dapat juga di monetize agar anda semakin semangat.

Lihat Video Membuat WordPress
Lihat Video Install Plugin WordPress

 

Tags:

One Comment

  1. Pingback: 4 Mindset yang Harus Anda Tinggalkan Untuk Menjadi Blogger Sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *