Cara Melihat Masa Aktif Serta Expired Domain

Posted on
Cara Melihat Masa Aktif Expired Serta Kadaluarsa Sebuah Domain

Selama saya melakukan selancar didunia maya, saya pernah sekali waktu membaca sebuah tutorial di sebuah blog. Saya lupa tutorialnya mengenai apa, tapi banyak yang berkomentar mengenai bagaimana cara melihat masa aktif sebuah domain? dan menurut persepsi saya yang dimaksud mungkin adalah expirednya sebuah domain.

Karena alasan itulah saya ingin membagi tutorial melihat masa aktif atau expired sebuah domain ini kepada anda para pembaca semuanya.Untuk melihat masa aktif atau expirednya sebuah domain anda bisa menggunakan tools online dari who.is. Tools online ini sangat mudah penggunaannya, mungkin bagi anda yang sudah mengetahuinya hal ini sudah basi.

Artikel Lain: Memasukkan Variabel ListView Visual Basic

Namun apa salahnya berbagi kepada yang belum mengerti, apalagi yang masih baru didunia komputer khususnya masalah domain website. Hal ini mungkin bisa sangat membantu bagi anda yang menginginkan sebuah domain akan tetapi domain tersebut ternyata sudah ada pemiliknya.Untuk melihat expired atau masa aktif sebuah domain, silakan menuju halaman who.is.

Cara Melihat Masa Aktif Serta Expired Domain 1Jika telah anda buka, anda akan melihat kotak pencarian domain atau ip address, maka tinggal anda masukkan alamat domain utama atau dapat juga menggunakan ip address dari domain yang ingin dilihat masa aktif atau expirednya (jika ingin melihat ip addressnya dapat anda lakukan dengan mengetikkan nslookup spasi nama domain pada command prompt windows anda).

Contoh disini saya ingin melihat masa aktif domain saya sendiri www.inavb.com, di kotak pencarian who.is saya ketikkan inavb.com, setelah itu saya enter atau klik gambar kaca pembesar (kaca pencarian). Kita akan dibawa menuju halaman informasi record dari domain inavb.com ini.

Anda dapat melihat pada tab “Whois” pada bagian Overview for inavb.com, disitu ada beberapa bagian. Pada bagian Registrar Info terdapat informasi tentang perusahaan maupun alamat registrasi domain yang kita lihat, diantaranya adalah nama perusahaan, server whoisnya, alamat referralnya dan statusnya.

Cara Melihat Masa Aktif Serta Expired Domain 2Untuk melihat expired domain tersebut dapat dilihat persis dibawahnya pada bagian Important Dates, Expired On merupakan kadaluarsa domain tersebut atau masa aktif domain jika tidak diperpanjang, Registered On merupakan tanggal registrasi domain ataupun tanggal pembelian domain tersebut, Updated On merupakan tanggal domain tersebut diupdate atau dengan kata lain diperpanjang oleh sang pemilik.

Perlu diketahui bahwa jika kita ingin melakukan pembelian pada domain yang sudah dibeli orang lain, kita harus menunggu agar domain tersebut benar-benar expired dan tidak diperpanjang oleh pemiliknya. Jika diperpanjang oleh pemiliknya maka kita tidak bisa mendapatkan domain tersebut, maka dari itu bila kita memang benar-benar menginginkan domainnya, maka kita bisa membelinya dari sang pemilik domain secara langsung jika mau, tentunya dengan harga yang berkali-kali lipat jauh lebih mahal apabila domain tersebut sudah punya “nama”. Mungkin jika anda terus memantau dan domain tersebut lupa diperpanjang anda juga bisa memesannya, apalagi kalau domainnya sudah terkenal maka sebuah keberuntungan bagi anda.

Cara Melihat Masa Aktif Serta Expired Domain 3Who.is tidak hanya menunjukkan masa aktif atau expired sebuah domain. Tepat dibawahnya bahkan anda dapat melihat Name Servers dari domain tersebut, misalnya ns1.inavb.com & ns2.inavb.com. Setelah itu pada bagian Raw Registrar Data adalah alamat dan detail kontak pembeli, termasuk email dan nama pembeli dari domain tersebut. Namun perlu anda tahu jika sang pemilik mengaktifkan ID Protection maka anda tidak akan bisa melihatnya, hal ini mungkin tidak diinginkan oleh sang pemilik karena untuk menjaga akunnya agar lebih aman dari spam maupun orang yang tidak bertanggung jawab yang menggunakan data tersebut dengan ilegal (hal yang dimaksud adalah email pemilik agar aman dari hacker, cracker maupun spam).

Pada bagian Sugggested domains, disitu diberikan informasi domain yang masih tersedia yang mirip dengan domain yang kita lihat yang dapat kita pesan. Sedangkan dibawahnya pada Premium Domains disitu memberikan informasi tentang domain yang premium yang mirip dengan domain yang kita lihat, tentu saja dengan harga yang jauh lebih mahal, karena premium pasti lebih bagus. Terakhir pada bagian Related Domains adalah domain-domain yang berhubungan dengan domain yang kita lihat, misalnya: url tempat registrar, url nama server, url id protection dan lain-lain.

Cara Melihat Masa Aktif Serta Expired Domain 4Sampai disini pembahasan kita mengenai bagaimana kita mengetahui masa aktif atau expirednya sebuah domain. Jika anda benar-benar menginginkan sebuah domain yang bagus, anda harus berani membayar lebih mahal, karena dalam beberapa kasus domain yang bagus dan singkat ternyata harganya lebih mahal daripada yang normal atau biasa-biasa saja. Bagi yang ingin melihatnya dalam bentuk video silakan lihat sendiri dibawah yang sudah saya sertakan. Jangan lewatkan artikel sebelumnya mengenai cara memasukkan foto kedalam database menggunakan visualbasic.

Download Video
Download Code

 

 

6 thoughts on “Cara Melihat Masa Aktif Serta Expired Domain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *