Cara Memasukkan Perintah Macro Kedalam Excel

Cara Memasukkan Perintah Macro Kedalam Microsoft ExcelTutorial sederhana kali ini adalah mengenai panduan cara memasukkan perintah macro kedalam microsoft excel. Tentu saja kita semua tahu bahwa selain menggunakan fasilitas yang ada pada microsoft excel kita juga dapat menambahkan perintah macro yang kadang akan sangat berguna dan dibutuhkan dalam hal-hal tertentu dalam membuat aplikasi excel.

Bagi anda yang masih pemula dan belajar microsoft excel (sama seperti saya hehe) maka tutorial ini akan memandu anda bagaimana langkah-langkah untuk menambahkan perintah macro kedalam microsoft excel. Untuk menambahkan perintah macro ini silakan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

Artikel Lain: Membuat File Setup di Visual Basic

1. Siapkan perintah macro sederhana yang akan kita masukkan pada microsoft excel, kali ini saya berikan perintah penjumlahan angka pada cell (menambahkan nilai +1 pada cell A1) dengan menggunakan sebuah button. Ini dia perintahnya [ Range (“A1”) = Range (“A1”) + 1 ] Tanpa tanda kurung kotak diluar.

2. Dalam keadaan normal (default) anda terlebih dahulu harus memunculkan tab “Developer” pada microsoft excel. Caranya dengan mengklik button microsoft excel >> Excel Options >> Pilih tab “Popular” >> Lalu centang pada bagian “Show Developer Tab in the Ribbon” >> Klik “Ok”.

3. Setelah itu tambahkan sebuah tombol yang akan kita buat untuk memasukkan kode macro didalamnya. Caranya adalah pilih tab “Developer” yang tadi anda munculkan pada microsoft excel. Pada bagian “Control” pilih “Insert” pilih tombol Button, anda pun dapat menggunakan shape, gambar dan lain sebagainya.

4. Akan muncul pop up setelah anda menambahkan button macro, tetapi jika tidak muncul anda dapat memunculkannya dengan cara klik kanan pada button atau shape yang anda tambahkan lalu pilih “Assign macro”, pada bagian “Macros in” pilih yang “This workbook” lalu klik “New”.

5. Sekarang masukkan kode yang kita siapkan tadi yakni: Range (“A1”) = Range (“A1”) + 1 dan tutup semua jendela “Microsoft Visual Basic” tempat anda memasukkan kode macro tadi.

6. Save as excel anda sebagai macro dengan cara klik button microsoft excel >> Excel Macro-Enabled Workbook, tutup project macro anda lalu buka kembali macro anda. Jika terdapat security warning pada microsoft excel anda, maka klik peringatan tersebut, lalu pilih “enable this content”, dan seharusnya macro anda sekarang sudah dapat dijalankan.

Seperti itulah cara memasukkan perintah macro kedalam microsoft excel. Bagi anda yang kurang paham dalam bentuk tulisan maka sudah saya sediakan tutorialnya dalam bentuk video beserta projectnya yang dapat anda download melalui link dibawah sebagai bahan pembelajaran, selamat mencoba.

Lihat Video
Download Project

 

Tags:

4 Comments

  1. Teknosional

    Saya pake intel gan… Tapi kok gak nemu menu virtualization? Di system information, infonya hanya sampai di page file. Kemudian di biosnya gak ada pula menu untuk meng-on/off-kan Virtualization… Apakah berarti laptop saya tidak support VTx/VTd gan??

    Reply
    • sonisitez Post author

      Punya “tekno” core berapa?
      Untuk VTx/VTd memang minimal harus corei3, belum tentu ga support gan, punya saya AMD A8 dulu tidak ada menu Virtualisasinya, namun saya coba ke halaman resmi driver lenovo dan saya download bios terbaru versi laptop saya akhirnya menu Virtualisasinya mau muncul gan. Tapi cek support tidaknya pakai aplikasi diatas.

      Jadi solusinya:

      1. Pastikan laptop agan lebih dari 4 inti core & support virtualisasi dengan aplikasi diatas atau dengan kata lain minimal core i3 (punya 6 core inti).

      2. Jika menu memang tidak ada silakan agan update bios, cari driver di halaman web resmi merk laptop agan.

      Semoga membantu 🙂

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *