Cara Mencegah Hasil Error di Excel

Cara Mencegah Hasil Error di Excel

Posted on

Cara Mencegah Hasil Error di ExcelMembuat perhitungan atau kalkulasi di Microsoft excel memang mudah, namun seringkali bagi pengguna yang masih awam akan sering terkendala dengan masalah error hasil akhir dari perhitungan tersebut. Untuk itulah Saya akan menunjukkan pada Anda bahwa ternyata error di Microsoft Excel ternyata dapat di handle ataupun dikendalikan.

Artikel Lain: Cara Menginstall WordPress

Disini Saya akan memberi contoh dengan perhitungan menggunakan rumus (=AVERAGE) yang digunakan untuk mencari rata-rata dari sekumpulan nilai. Namun cell-cell yang akan Kita cari rata-ratanya tersebut Kita isi semuanya menggunakan huruf bukan angka. Mengerti bukan? Ya secara otomatis hasil akhirnya akan error karena huruf tidak mungkin dapat dibagi, sehingga excel berusaha membaginya dengan “0”.

Untuk itulah Kita akan menghandle (mengendalikan) jika cell yang dicari tidak berupa angka maka hasil yang akan ditampilkan adalah “” atau cell kosong yang tidak ada apa-apanya, sehingga errornya tidak akan terlihat oleh pengguna. Berikut adalah langkah langkahnya.

1. Blok lah beberapa kolom dan baris yang akan dijadikan contoh. Masing-masing beri tanda atau judul, yaitu cell yang berupa “Nilai” dan cell yang berupa “Rata-Rata” atau hasil akhir.

2. Isikan semua cell-cell nilai dengan huruf, terserah huruf apa saja. Contoh: i,n,a,v,b dan pada cell rata rata ketikkan “=AVERAGE” tanpa tanda petik, dan blok semua cell yang berisi huruf tadi lalu tekan enter. Pasti hasilnya berupa “#DIV/0!”. Contoh misal untuk rumusnya yang tadi adalah seperti ini “=AVERAGE(A3:E3)”.

3. Maka untuk menghindari error Anda dapat menambahkan fungsi atau rumus “=IFERROR” tanpa tanda petik, sehingga jadinya seperti ini “=IFERROR(AVERAGE(A3:E3);””)”. Sehingga sewaktu-waktu ada hasil error maka tidak akan ditampilkan apapun dalam cell.

4. Maksud atau pengertian dari “=IFERROR” tersebut adalah pengkondisian, jika terjadi error apapun itu saat excel berusaha mendapatkan nilai dari rumus yang Kita berikan maka akan ditampilkan “else”nya atau kondisi lainnya seperti halnya dalam pemrograman, dalam hal ini di tampilkan dalam tanda (;””). Anda juga dapat mengisi dengan huruf diantara tanda petik sesuka Anda.

Selesai, mudah bukan untuk mengatasi atau menghandle error di Microsoft Excel. Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat bagi Anda semuanya. Anda dapat mendownload contoh projectnya melalui link dibawah.

Lihat Video
Download Project

 

Tags:

page border terpotong saat di print

9 thoughts on “Cara Mencegah Hasil Error di Excel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *