Cara Setting Proxy Browser

Cara Setting Proxy Browser

Kali ini saya akan membahas mengenai cara setting proxy atau merubah proxy di browser. Tutorial ini saya tulis karena ada pertanyaan dari tetangga saya mengenai bagaimana cara setting proxy di web browser? Saya berfikir mungkin anda juga masih ada yang belum tahu cara setting dan merubah proxy di web browser komputer kita.

Artikel Lain: Pencarian Kombinasi Enter Visual Basic

Web browser yang akan saya jelaskan cara setting proxynya ada tiga yaitu: Google Chrome, Mozilla Firefox dan Opera. Untuk mensetting proxy pada Google Chrome dan Opera hampir 99% caranya sangat mirip atau sama, namun untuk di Mozilla Firefox sangat jauh berbeda.

Maksudnya berbeda adalah langkah-langkah serta cara pengisian proxynya.Namun sebelum beranjak mengenai cara setting proxy, apakah sebenarnya anda tahu fungsi dari proxy itu sendiri? Proxy digunakan sebagai penghubung antara satu alamat komputer dengan alamat komputer yang lain, maupun dengan komputer kita sendiri. Selain itu ada beberapa fungsi lain dari proxy yang saya ketahui yaitu sebagai Connecting Sharing, Caching dan Filtering.

Connecting sharing digunakan sebagai penghubung antara jaringan, Caching digunakan sebagai tempat penyimpanan data (header query) website dan lain-lain yang telah kita kunjungi selama berselancar di internet, sehingga sebuah situs yang kita akses untuk kedua kalinya akan jauh lebih cepat daripada pertama kali mengakses situs tersebut, yang terakhir fungsi filtering yang disebut juga Firewall ataupun IPtables yang digunakan untuk memblokir sebuah ip keluar maupun ip yang masuk dalam jaringan kita.

Baiklah setelah secara singkat saya jelaskan mengenai proxy beserta fungsinya, sekarang akan saya jelaskan cara merubah atau mensetting proxy di beberapa browser, kita mulai dari Google Chrome:

1. Cara setting proxy di Google Chrome

Untuk mensetting proxy di google chrome silakan buka Google Chrome anda. Jika sudah anda perhatikan di pojok kanan atas ada sebuah menu yang ditandai dengan 3 garis sejajar, anda klik menu tersebut maka akan muncul beberapa macam menu, anda pilih pada menu “Settings”. Setelah terbuka scroll layar sampai bawah hingga anda menemukan link yang bernama “Show advanced settings”, anda klik link tersebut maka akan muncul banyak menu lagi dibawahnya. Sekarang anda cari bagian Network lalu klik “Change proxy settings”, anda klik menu tersebut maka akan muncul popup “Internet Properties”.

Pada bagian “Internet Properties” anda tentukan terlebih dahulu ingin mensetting proxynya pada jaringan “Dial Up” atau “LAN”, jika Dial Up anda pilih salah satu nama Dial Up anda, contoh “Indosat”, maka saya klik “Indosat” lalu tekan tombol “Settings” disebelahnya. Centang “Proxy server” dan isikan alamat proxy beserta port yang ingin anda masukkan. Pada menu advanced disebelahnya ada beberapa opsi yang dapat anda setting, jika ingin semua protokol dan socks ingin anda lewatkan pada proxy anda, maka centang bagian “Use the same proxy server for all protocols”. Jika jaringan anda bukan Dial Up melainkan Local Area Connection (LAN) maka anda pilih setting proxynya di button “LAN settings”, setelah selesai semua setting anda klik “Ok”.

2. Cara setting proxy di Mozilla Fiefox

Untuk setting proxy di Mozilla Firefox silakan anda klik menu “Firefox” yang ada pada bagian kiri atas browser Mozilla Firefox anda, lalu pilih menu “Options” anda klik menu “Options” disebelahnya lagi. Setelah itu muncul banyak tab dan menu, silakan anda pilih tab “Advanced” , lalu dibagian bawahnya pilih menu “Network” dan klik “Settings”, maka akan muncul popup “Connection settings”.

Pada bagian connection settings tersebut defaultnya adalah “Auto-detect proxy settings for this network”, silakan anda pilih yang “Manual proxy configuration:”. Anda centang juga bagian “Use this proxy server for all protocols” jika ingin semua protocol lewat proxy tersebut, setelah itu anda isikan alamat proxy anda beserta portnya juga pada bagian “HTTP proxy”, setelah selesai anda klik “Ok”.

3. Cara setting proxy di Opera

Untuk setting proxy di Opera silakan klik menu “Opera” dipojok kiri atas browser opera anda, lalu pilih menu “Pengaturan”. Setelah itu akan terbuka menu “opera://settings”, anda scroll kebagian bawah dan cari “Ubah pengaturan proksi” pada menu “Jaringan”. Inilah yang saya maksud, proses mensetting proxy pada bagian sesudah ini sama dengan pada setting di Google Chrome, jadi langkahnya sama seperti yang diatas atau “Google Chrome”. Setelah anda selesai mensetting proxy, jika localhost komputer anda juga ingin diberi proxy yang sama, maka centang juga bagian “Pakai proxy untuk server lokal”.

Seperti itulah cara setting proxy diberbagai browser, Google Chrome, Mozilla Firefox dan Opera. Bagi anda yang masih bingung cara settingnya maka silakan meninggalkan komentar. Jangan lupa tonton videonya dibawah agar lebih jelas, dan mungkin masalah anda akan selesai setelah melihat video tutorialnya. Serta baca juga artikel sebelumnya mengenai memperbanyak followers di Google+.

Download Video
#No Code

 

Tags:

5 Comments

  1. Pingback: Option File Player 2015 untuk PES 2006

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *