Cara Upload File Menggunakan Filezilla

Cara Upload File Menggunakan Filezilla

Filezilla client adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk menghubungkan akun FTP kita dengan komputer lokal kita. FTP sendiri merupakan singkatan dari File Transfer Protocol, Protokol ini termasuk yang paling awal ada di dunia internet atau jaringan. File Transfer Protocol dapat memberikan manfaat diantaranya untuk Upload dan Download File.Mengapa Saya membahas tutorial ini? Berawal dari tugas kuliah untuk mengupload Joomla di hosting internet oleh seorang dosen. Ketika tugas ini diberikan saya sungguh terkejut, karena banyak sekali teman saya yang tidak bisa menggunakan Filezilla sebagai aplikasi untuk mengupload file ke hostingan mereka (dalam kasus ini hostingannya adalah gratis sehingga lebih mudah menggunakan fasilitas dari filezilla daripada melalui interface webhostinganya sendiri).

Artikel Lain: Memperpanjang Masa Aktif Kartu XL

Untuk menggunakan filezilla ada hal-hal yang sangat mutlak harus diketahui, diantaranya adalah akun ftp kita yang berupa: Hostname, Username, Password, Port(21 & 22). Berikut akan sedikit saya jelaskan.

Hostname
Hostname merupakan nama dari komputer hosting kita, jadi dapat disimpulkan jika kita ingin menguploadnya ke hosting, kita harus tahu nama hostnya. Layaknya jika kita mencari seseorang tentu kitapun harus mengetahui namanya agar lebih cepat dalam menemukannya. Hostname dapat berupa nama domain ataupun ip address contoh (mysql.inavb.com) ataupun (192.168.1.1).

Username
Username Sendiri merupakan nama user kita yang diberikan oleh pihak web hosting, contoh: user_0898787. Ini juga sangat penting karena akan digunakan saat transfer file melalui filezilla. Dalam localhost biasanya ada username “root”.

Password
Sudah jelas bahwa pasangan dari username adalah password ataupun kata sandi. Password juga diberikan oleh pihak webhosting (biasanya jika gratisan sesuai dengan password akun kita mendaftar).

Port
Sebaikanya kita gunakan port 21 FTP, bukan Port 22 SFTP. Jika SFTP merupakan Secure Socket Layer jadi kemungkinan sering error, gunakanlah yang umum yaitu port 21 FTP.

Sebelum memulai mengupload File menggunakan Filezilla Catatlah hal-hal tersebut, disini saya memberi contoh untuk tutorial menggunakan akun saya (hanya ilustrasi yang sebenarnya dapat anda lihat di video):

Hostname: mysql.inavb.com

Username: sonisitez

Password: akudanibu

Port: 21

1. Sekarang anda buka filezilla client, lalu masukkanlah data akun FTP anda di textbox yang telah disediakan di aplikasi filezilla anda.

Keterangan: Biasanya ada dibawah menu bar. Isikan semua data anda, disini yang saya contohkan adalah hostname: mysql.inavb.com, username: sonisitez, password: akudanibu, port: 21.

2. Klik tombol “Quickconnect”, jika benar dan sukses maka anda akan melihat direktori atau folder anda di hostingan, contoh pada folder “Public_html”.

Keterangan: Terdapat kata-kata “Directory Listing Successfully” dan tidak ada tulisan berwarna merah di status Filezilla anda, berarti anda telah berhasil terkoneksi.

3. Untuk mengupload file, perhatikan drive disebelah kiri filezilla anda, itu merupakan drive lokal komputer anda, sedangkan di sebelah kanan adalah drive dari folder di hostingan anda. Untuk mengupload file silakan pilih file di drive lokal anda dan drag dan Drop ke folder hostingan anda disebelah kanan.

Keterangan: Drag and Drop adalah mengklik file tanpa melepaskannya (ditahan dan ditaruh sesuai yang kita inginkan).

Jika telah selesai maka meternya akan menunnjukkan angka 100%. Berarti file anda sukses di upload ke hostingan anda. Untuk mendownload dari hostingan silakan klik kanan di file hosting anda lalu “Download”. Selesai mudah bukan? Jika kurang jelas dibawah sudah saya sertakan videonya langsung. Jangan lewatkan artikel sebelumnya mengenai iNaVB Mp3 Player Versi 1.02.

#No Code
Download Video

 

Tags:

One Comment

  1. Pingback: Membuka aplikasi lain menggunakan excel macro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *