Len Membatasi Karakter di Visual Basic

Posted on

Dalam Visualbasic .Net perintah “Len” dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, diantaranya berhubungan dengan panjang karakter, jumlah karakter serta karakter dari kiri ke kanan maupun dari kanan ke kiri. Perintah “Len” pada dasarnya memiliki perintah-perintah yang sejenis, diantaranya “Right”, “Mid” dan “Left”. Namun yang akan kita bahas kali ini merupakan perintah “Len” yang digunakan untuk membatasi panjang ataupun jumlah karakter maupun string yang diinputkan.Kita analogikan saja tutorial “Len” ini kedalam sebuah kasus.

Artikel Lain: Setting Proxy Pada Browser

Misalnya didalam program aplikasi kita terdapat form penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan data seseorang, dalam hal ini data manusia. Semua manusia pasti mempunyai nama, dengan nama yang unik masing-masing. Akan tetapi dari semua nama manusia kita simpulkan bahwa jumlah karakter dari nama mereka tidak kurang dari 1, 2 atau 3 karakter. Misalkan saja nama saya “Soni Widiyanto”, disini saya membutuhkan 14 karakter termasuk pada spasi.

Dalam kasus tersebut sudah kita dapatkan kesimpulan bahwa nama harus lebih dari 1, 2 atau 3 karakter, panjangnyapun bisa kita batasi semisal 50 atau 20 karakter. Fungsi dari membatasi karakter ini digunakan agar yang menjalankan aplikasi tidak “ngawur” dalam menginputkan data seseorang. Misalkan saja user menginputkan nama orang hanya dengan huruf “B”, tidak mungkin seseorang diberi nama oleh orang tuanya haya dengan huruf “B”. Analogi dan kesimpulan sudah kita dapatkan, sekarang saatnya membuat validasi membatasi karakter ataupun string.

Untuk membuat validasi membatasi jumlah atau panjang karakter maupun string silakan ikuti langkah dibawah ini:

1. Tambahkan sebuah Textbox pada project Visualbasic .Net anda. Beri nama Textbox sesuai yang anda inginkan, misalnya jika untuk nama dapat anda ganti menjadi “TNAMA” atau jika alamat bisa anda rubah menjadi “TALAMAT”.

Keterangan: Merubah nama item dapat mempermudah kita dalam membuat kode program. Anda dapat membayangkan lebih mudah menghafalkan nama web atau alamat ip address website tersebut. Dalam kehidupan sehari-hari anda memanggil teman anda pasti dengan nama asli atau nama panggilannya, dan tidak memanggil nama dengan warna serta merk bajunya.

2. Setelah anda tambahkan Textbox, klik dua kali pada Textbox tersebut. Anda akan ada pada event “TextChanged” dari Textbox, namun yang akan kita gunakan adalah event “Keypress” dari Textbox. Untuk memilih event “Keypress” silakan anda scroll menu “Event” yang ada pada pojok kanan atas dari coding Visualbasic .Net anda dan pilih yang bernama “Keypress”.

Keterangan: Event “TextChanged” digunakan saat terjadi perubahan pada Textbox, maksud perubahan adalah jika anda memasukkan atau menghapus karakter yang ada pada Textbox tersebut maka saat itulah eksekusinya. Sedangkan event “Keypress” digunakan saat program anda berhubungan dengan menekan tombol pada keyboard komputer anda.

3. Setelah anda tepat pada event “Keypress” dari Textbox anda, sekarang saatnya untuk memasukkan kode validasi kedalamnya. Pastekan script atau kode dibawah ini tepat pada event “Keypress” Textbox anda.

If e.KeyChar = Chr(13) Then
            If Len(Me.TNAMA.Text) > 3 And Len(Me.TNAMA.Text) < 20 Then
                Me.TNOTELP.Focus()
            Else
                MsgBox(“Nama harus lebih dari (>3) dan kurang dari (<20) karakter !!”, MsgBoxStyle.Information, “Message !!”)
                Me.TNAMA.Text = “”
                Me.TNAMA.Focus()
            End If
        End If

Keterangan: Disini script atau kode akan melakukan eksekusi jika pada Textbox dilakukan perintah “Enter”, yang dalam hal ini ditandai dengan kode “Ascii” 13. Jika yang dimasukkan jumlah atau panjang karakter lebih dari 5 dan kurang dari 20 (>5 and <20), maka setelah di “Enter” cursor akan fokus ke “TNOTELP” untuk mengisi field telepon tentunya. Namun jika kondisi tersebut tidak terpenuhi maka program akan memberi pesan pemberitahuan kesalahan serta memberi perintah untuk menghapus semua karakter di “TNAMA” dan fokus kursor tetap pada “TNAMA”. Ini dilakukan agar mempermudah user dalam proses penginputan.

4. Pembuatan validasi telah selesai anda dapat merubah validasi ini sesuai keinginan anda, semisal panjang karakter minimal harus 3 dan lain sebagainya. Seperti yang kita tahu perintah “AND” dalam dunia pemrograman, akan menjalankan perintah atau eksekusi jika kondisi kedua-dunya benar. Misalnya anda menyuruh orang memanggil budi dan ani, jika yang datang budi dan ani maka itu kita anggap benar, namun jika yang datang hanya budi atau ani saja (seorang) maka kondisi tersebut salah. Anda juga dapat merubah eventnya pada tombol keyboard apa saja, bukan hanya “Enter” agar validasi anda semakin baik.

Keterangan: Terdapat berbagai operator aritmatika dalam dunia pemrograman, diantaranya “AND” dan “OR”. Perintah “AND” dianggap benar jika kedua-duanya benar sedangkan perintah “OR”, jika salah satu benar maka kondisi tersebut sudah benar.

Validasi ini masih jauh dari sempurna, untuk itulah tugas anda para programmer yang harus mengembangkannya. Setelah kita selesai membuat validasi sekarang saatnya anda uji, anda dapat menjalankan programnya lalu ketikkan semisal 1 atau 2 karakter, sesudah itu tekan enter, maka akan ada pemberitahuan kesalahan. Jika anda ketikkan 5 karakter lihat sendiri apa yang terjadi. Jangan lupa untuk melihat videonya yang sudah saya sediakan dibawah, sebagai bahan pembuktian. Anda juga dapat mebaca artikel sebelumnya mengenai koneksi delphi ke sql server.

Download Video
Download Code

 

Tags:

cara membatasi isi texboxt, text changed pada vibi sama saja dengan apa?, cara memasukkan karakter lebih dari 6 karakter di database vb, perintah spasi di visual basic, Contoh mencetak 1 karakter ditengah yg bukan spasi pada Visual studio

4 thoughts on “Len Membatasi Karakter di Visual Basic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *