Memasukkan Variabel ke ListView Visual Basic

Memasukkan Variabel ke ListView Menggunakan Konsep Aplikasi Gaji Pegawai Visualbasic

Kalau pada tutorial-tutorial sebelumnya kita telah berhasil menampilkan data pada ListView dengan Cara mengambil nama dari field-field yang ada didalam database. Sekarang pertanyaan yang muncul dapatkah sebuah ListView di isi dengan berbagai Variabel?.

Jawabnya tentu saja sangat bisa sekali. Dengan konsep yang hampir sama kita dapat memasukkan berbagai Variabel yang telah kita definisikan sebelumnya.Variabel sendiri jauh lebih efektif dan efisien ketimbang harus menambahkan sebuah komponen untuk data yang ditampilkan secara statis.

Artikel Lain: Membuat Kalkulator Dengan Visual Basic

Misalkan saja kita ingin membuat sebuah MessageBox dengan kalimat yang panjang, daripada menuliskan stringnya secara langsung lebih baik kita deklarasikan sebelumnya dengan rapi dibagian atas, agar kode kita tidak terlalu panjang, ini berguna juga jika nantinya string tersebut di munculkan berulang-ulang dalam sebuah event yang berbeda.

Apalagi kalau string tersebut disimpan dalam Label, tentu malah akan membuat jelek Program Aplikasi yang kita buat karena terlalu banyak tulisan.Kembali ke topik, jika kita ingin menampilkan Variabel pada Sebuah ListView yang di perlu diperhatikan adalah Pendeklarasiannya agar aplikasi tidak error.

Contoh jika memunculkan Teks kita bisa mendeklarasikan Variabel tersebut sebagai “String” atau Jika yang ingin kita munculkan adalah angka kita bisa mendeklarasikan Variabel tersebut sebagai “Single” maupun “Double”. Jika benar dan salah kita bisa mendeklarasikan Variabelnya sebagai “Boolean”. Cukup mengerti bukan maksudnya?, benar dari semua variabel itu dapat kita katakan ada type data yang berbeda yang harus kita pakai secara benar dalam kondisi tertentu agar sesuai dengan konsep yang kita inginkan.

Untuk menampilkan sebuah Variabel pada ListView kali ini akan Saya umpamakan dalam Penghitungan Gaji Pegawai. Untuk itu pemahaman Anda sangat diperlukan dalam kasus ini. Yang terpenting dipahami dahulu konsep-konsepnya yang akan Saya jelaskan dalam tutorial kali ini. Berikut adalah konsep-konsep tersebut.

Disini Saya memberi contoh, Saya mempunyai Program Aplikasi untuk menghitung Gaji Pegawai (Ingat ini hanya contoh). Dalam contoh kali ini Saya mempunyai enam (6) Variabel dengan type datanya masing-masing yaitu isi (ListView), status (String), gapok, tunkel, tunanak, total (Single). Disini Saya pisahkan gaji berdasarkan golongan, jika golongan “1A” gajinya “1000000”, golongan “B” gajinya “2000000” dan seterusnya, ada dalam Coding yang bisa Anda lihat nanti.

Untuk tunkel (tunjangan keluarga) Saya isi dengan 10% dari total gaji pokok, untuk tunanak (tunjangan anak) saya isi 5%(dari gaji pojok)*(Jumlah Anak), jika bujang maka tidak akan mendapatkan tunjangan apapun dalam konsep Program Aplikasi Penghitung Gaji Pegawai Saya ini.

Setelah itu total gaji secara keseluruhan Saya dapatkan dari (gapok + tunanak + tunkel) atau seperti ini agar Anda lebih mudah memahami Total Gaji = ( Gaji Pokok + Tunjangan Anak + Tunjangan Keluarga ). Untuk pengisian pada ListView sendiri Saya jabarkan seperti berikut.

Pada item pertama Saya isi dengan teks dari TextBox Kode Pegawai (Me.TXTKODEPEGAWAI.Text), Item kedua Saya isi dengan golongan (Me.ComboBox1.Text), Item ketiga dengan Variabel Gaji Pokok (gapok), Item ke empat dengan Status nikahnya (status), Item kelima dengan Jumlah Anak (Me.TXTJUMLAHANAK.Text), Item ke tujuh dengan tunjangan keluarga (tunkel), item ke delapan dengan tunjangan Anak (tunanak), item terakhir adalah total gaji (total).

Dari konsep yang agak panjang diatas dan mungkin ribet juga bagi Anda, Kita dapatkan sebuah kode maupun script seperti dibawah. Sehingga pada tahap ini kita telah selesai memasukkan beberapa Variabel untuk ditampilkan dalam Item ListView kita. Lihat kode atau scriptnya secara berurutan sehingga Anda nanti mudah dalam memahami konsep dan alurnya.

Dim isi As ListViewItem
Dim status As String
Dim gapok, tunkel, tunanak, total As Single
isi = ListView1.Items.Add(Me.TXTKODEPEGAWAI.Text)
isi.SubItems.Add(Me.ComboBox1.Text)
If Me.ComboBox1.Text = “1A” Then
gapok = 1000000
ElseIf Me.ComboBox1.Text = “2A” Then
gapok = 2000000
ElseIf Me.ComboBox1.Text = “3A” Then
gapok = 3000000
ElseIf Me.ComboBox1.Text = “4A” Then
gapok = 4000000
End If
isi.SubItems.Add(gapok)
If Me.RadioButton1.Checked = True Then
status = “NIKAH”
tunkel = 0.1 * gapok
tunanak = (0.05 * gapok) * Val(Me.TXTJUMLAHANAK.Text)
Else
status = “BUJANG”
tunkel = 0
tunanak = 0
End If
total = gapok + tunanak + tunkel
isi.SubItems.Add(status)
isi.SubItems.Add(Me.TXTJUMLAHANAK.Text)
isi.SubItems.Add(tunkel)
isi.SubItems.Add(tunanak)
isi.SubItems.Add(total)

Agar lebih jelas tentang pemahaman kode diatas Saya sarankan untuk melihat Videonya juga, yang telah Saya praktekkan sebagai pembuktian dalam menampilkan Variabel pada Listvew. Bagi yang belum mengerti atau belum paham bisa berkomentar dan akan Saya balas semampu dan semengerti Saya. Semoga artikelnya bermanfaat jangan lupa baca artikel sebelumnya juga tentang Cara Mengetahui Kecepatan Web maupun Blog Kita.

Download Video
Download Code

 

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *