Membuat Database Microsoft Access

Cara membuat database, tabel, field serta kolom di Microsoft Access

Database menurut definisi saya merupakan sebuah aplikasi atau program maupun engine yang fungsinya adalah sebagai tempat penyimpanan data. Database sering dimanfaatkan untuk membuat program agar Aplikasi yang dibuat oleh para Programmer tidak bersifat statis tetapi dinamis.

Artikel Lain: Running Text Visual Basic

Ada banyak sekali macam-macam database engine, mulai dari SQL, MySQL, Oracle, Postgress SQL, Ms. SQL. Nah yang sering digunakan tentu saja MySQL karena tidak hanya gratis tetapi juga berkualitas. Namun dari sekian banyak itu yang akan kita Pelajari adalah database engine yang dibuat oleh Microsoft, yang sudah terpackage dalam aplikasi Microsoft Office dalam hal ini Microsoft Office Access.Karena itu sebelum Anda praktek pastikanlah komputer Anda sudah terinstall Aplikasi Microsoft Office Full Version.

Untuk membuat database silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka Microsoft Office Access Anda (Disini Saya menggunakan Microsoft Office Access 2007).

2. Pada bagian atas terdapat New Blank Database, silakan klik dibawahnya yaitu Blank Database untuk membuat Database yang baru.

3. Setelah Anda klik Blank Database, dipojok kanan bawah beri nama database Anda dan lokasi penyimpanan yang Anda inginkan.

4. Jika sudah selesai klik Create, dan Anda akan masuk pada Datasheet, Anda akan dihadapakan secara otomatis pada table1.

5. Tekan tombol CTRL+S, lalu muncul popup Save As dan beri nama table1 tersebut sesuai keinginan Anda.

6. Tutup table1 tersebut setelah itu dibagian navigasi sebelah kiri klik kanan pada table1, setelah itu klik Design View.

7. Pada tahap ini kita akan mendesign seperti apakah isi table1 yang akan kita buat nanti, Contoh kita akan membuat dua buah Field dengan nama NOMORSONI,MUDAMU bertype Text dengan Length atau panjang(255)

8. Pada table1 Fieldnya isi dengan nama NOMORSONI dan MUDAMU, lalu Data Typenya pilih yang Text, Untuk sizenya biarkan secara default jika ingin Anda ganti ada dikolom filed size bagian bawah untuk ukurannya.

9. CTRL + S terlebih dahulu untuk menyimpan, sekarang coba Anda isikan database tersebut secara manual, tutup Design View tadi, sekarang kembali ke navigasi sebelah kanan.

10. Klik kanan pada table1 setelah itu pilih yang Open, Anda dapat mengisi karakter apasaja karena Fieldnya bertype Text Contoh NOMORSONI kita isi 1, MUDAMU kita isi iNaVB.

11. CTRL + S, database Anda sudah jadi namun masih di isi secara manual, dan pada tutorial berikutnya kita akan mencoba mengisinya dengan program yang kita buat menggunakan Visualbasic .Net.

12. Untuk membuat Relasi atau Relationship  dalam database, Pilih tab yang diatas Database Tools >> Relationships, lalu tarik dari tabel satu ke tabel yang lainnya. (Field harus sama antara field pada tabel Primary Key ataupun Foreign Key)

13. Sekali lagi lihat Video tutorial dibawah yang sudah Saya praktekkan agar lebih jelas.

Semoga tutorial Cara Membuat Database dari Microsoft Access ini dapat bermanfaat bagi Anda semua khususnya sobat iNaVBers.

Download Video
#No Code

 

Tags:

5 Comments

  1. Pingback: Option File Player 2015 untuk PES 2006

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *