Membuat Domain dan Hosting Gratis

Membuat Domain dan Hosting GratisSebelum kita mendaftar domain dan hosting gratis, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari domain dan hosting dalam dunia internet atau jaringan. Domain adalah sebuah nama yang unik, dan pada dasarnya berbentuk alamat IP Address, namun dikarenakan ada sistem yang bernama DNS (Domain Name System) maka domain tidak lagi berbentuk angka (IP Address), namun menjadi sebuah nama yang bisa terdiri dari berbagai karakter.

Artikel Lain: iNaVB Mp3 Player V.2

Sedangkan hosting adalah sebuah tempat penyimpanan file yang berada di komputer server (berupa web server). Hosting berfungsi untuk mengupload dan menyimpan file-file yang kita miliki, sehingga kita dapat sharing data atau file dengan mudah ke orang lain maupun teman-teman kita. Hosting dalam dunia internet ataupun (Web Development) terdapat banyak pilihan server yang umum seperti (Server IIX, Server US dan Server SG). Paling sering hosting dimanfaatkan untuk membuat sebuah laman website maupun blog.

Setelah mengetahui sedikit pengertian dan fungsi tentang domain dan hosting, Saya akan menjelaskan cara mendapatkannya secara gratis dengan penyedia hosting dan domain gratis. Tetapi ingat domain yang akan kita buat bukan TLD (Top Level Domain), jadi jika ingin membuat Top Level Domain tentu saja anda harus membelinya. Ada banyak penyedia layanan hosting dan domain gratis diantaranya adalah Byethhost dan Idhostinger yang terkenal mudah dan stabil pada proses pembuatannya, tetapi kali ini kita akan membuatnya di Idhostinger.

Sebelum membuat akun untuk hosting dan domain gratis, anda harus memiliki email, jika belum punya anda bisa membaca artikel Cara membuat akun email gmail.

Langkah-langkah membuat domain:

1. Buka browser anda dan ketikkan laman Idhostinger (www.idhostinger.com). Setelah laman terbuka anda pilih “Buat Akun” atau “Sign up” yang berada dipojok kanan atas. Setelah itu anda akan dibawa ke Form Pengisian. Disana akan disuruh mengisi data seperti nama, email, captcha dan lain-lain.

Keterangan: Isikan box “Nama” dengan nama anda, box “E-mail” dengan email yang anda miliki atau anda buat tadi (Pastikan tidak salah mengetikkan alamat email karena dibuat untuk konfirmasi). Box “Password” dengan password yang anda inginkan, masukkan password anda kembali pada box “Ulangi Password”. Centang persyaratan dan masukkan captcha yang ditampilkan untuk memastikan anda bukan Spam. Setelah itu klik button “Buat Akun”.

2. Setelah akun anda jadi, sebaiknya anda verifikasi kepemilikan email anda. Buka account email anda contoh: Gmail dan Yahoo (tergantung provider anda mendaftar). Buka kotak masuk atau “Inbox” email anda, klik link konfirmasinya. Setelah itu anda berhasil mengonfirmasi kepemilikan email dan anda akan dibawa langsung ke Cpanel Idhostinger.

Keterangan: Kita telah sampai pada tahap pembuatan akun Idhostinger (Bukan domain dan hosting, untuk itu kita perlu memesannya dan hal ini gratis).

3. Setelah akun anda benar-benar terverifikasi sekarang saatnya kita memesan hosting gratisnya. Pada laman Cpanel anda ada beberapa pilihan hosting yang berbayar dan gratis, kita pilih saja yang gratis alias “Free”. Klik button “Order”, maka anda akan dibawa ke tahap pembuatan subdomain (domain gratisnya), ada beberapa pilihan subdomain seperti .esy.es, .bl.ee. Saya dalam tutorial kali ini membuat inavb.bl.ee, ketikkan saja nama domain yang anda ingin dan pilih subdomainnya sesuai keinginan anda.

Keterangan: Sebaiknya anda memilih nama domain yang mudah diingat atau unik. Ini untuk mempermudah pengunjung atau pembaca kita dalam menghafal serta mengingat domain kita.

4. Isikan juga password yang sama sewaktu anda membuat akunnya tadi, setelah itu klik “Lanjutkan”. Anda akan dibawa ke halaman konfirmasi orderan anda, centang persyaratan dan isikan Captchanya. Setelah berhasil anda akan diberitahu kalau domain anda sudah aktif dan anda dapat mengupload file-file website anda di Cpanel tersebut.

Keterangan: Anda telah memiliki hosting dan domain gratis, tinggal anda gunakan sesuai kebutuhan anda.

Untuk mengupload file-file anda, silakan sorot menu diatas sendiri yaitu menu “Hosting” lalu pilih domain yang sudah anda buat tadi. Anda bisa mengatur semua konfigurasinya disitu. Untuk mengupload file, pilih item File Manager 1 atau File Manager 2, untuk yang File Manager 1 anda perlu menginstallnya terlebih dahulu dengan cara klik “Install”, setelah semua selesai anda dapat mengupload file-file anda di File managaer tersebut, atau anda dapat menggunakan fasilitas FTP (File Transfer Protocol). Disini tidak akan dijelaskan cara membuat websitenya, namun akan dijelaskan pada tutorial selanjutnya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya. Jangan lupa membaca artikel sebelumnya mengenai Cara upload file menggunakan Filezilla.

#No Code
Download Video

 

Tags:

One Comment

  1. Pingback: Membuka aplikasi lain menggunakan excel macro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *