Membuat Menu Tab Tersembunyi Visualbasic

Membuat Menu Tab Tersembunyi Visualbasic

Saya memilih judul membuat menu tab tersembunyi di Visualbasic .Net karena merasa inilah nama yang paling mudah diberikan pada tutorial kita kali ini. Menu tab tersembunyi pada dasarnya sangat mudah dibuat, hanya saja banyak orang termasuk saya sendiri pada waktu belum tahu sangat kebingungan bagaimana cara membuatnya. Ternyata dalam membuat tab tersembunyi kita hanya perlu menambahkan item yang bernama “TabControl”.

Artikel Lain: Len Membatasi Karakter di Visual Basic

TabControl sendiri merupakan bawaan dari Visualbasic .Net, didalam satu TabControl kita bisa menambahkan banyak Tab didalamnya. Namun apakah anda sadar, apa manfaat dari membuat menu tab tersembunyi seperti ini? Ya, anda pasti berpikir sama dengan saya, jika menu tab tersembunyi ini dapat menghemat tempat di form Visualbasic .Net kita.

Kita perumpamakan rumah susun, dalam lahan 1 x 1 hektare banyak terdapat rumah yang dapat ditinggali oleh banyak kepala keluarga, tentu hal ini menjadi sangat efisien.Seperti prinsip rumah susun itulah kira-kira fungsi atau kegunaan menggunakan menu tab tersembunyi dengan TabControl di Visualbasic .Net.

Selain memperindah tampilan Program Aplikasi kita di Visualbasic .Net, menu TabControl ini juga bermanfaat agar menu yang tidak ingin kita tampilkan pada saat on load (in time) atau menyembunyikan menu secara keseluruhan dapat diatasi. Setelah mengetahui fungsi dan kegunaanya, sekarang saatnya membuat menu tersembunyi menggunakan TabControl di Visualbasic .Net.

Untuk membuat menu tab tersembunyi silakan ikuti langkah-langkah dibawah:

1. Buatlah sebuah project di Visualbasic .Net anda. Jika sudah, anda sorot mouse atau cursor anda ke Toolbox Visualbasic .Net anda, lalu cari item yang bernama TabControl pada menu “All Windows Forms”. Biasanya item TabControl berada dibawah item “StatusStrip”.

Keterangan: Untuk menambahkan sebuah item dari Toolbox ke form Visualbasic .Net, dapat dilakukan dengan cara mengklik satu kali pada item yang di pilih, lalu di klik satu kali lagi ke form project yang ingin ditambahkan.

2. Setelah anda tambahkan TabControl ke form project Visualbasic .Net anda, maka disitu akan ada menu “TabPage1” dan “TabPage2” yang berada dalam satu kesatuan yaitu pada item “TabControl1”. Pada tutorial kali ini kita akan membuat 3 menu, sehingga perlu anda tambahkan lagi satu menu “TabPage”. Untuk menambahkan “TabPage” klik satu kali pada TabControl yang ada di form Anda, lalu klik kanan dan pilih “Add Tab”.

Keterangan: Untuk menambahkan satu menu tab pada TabControl dapat dilakukan dengan memfokuskan kursor area kita ke item TabControl, lalu klik kanan dan pilih “Add Tab”. Sedangkan untuk menghapus satu tab, anda sorot ke tab yang ingin anda hapus, lakukan hal yang sama yaitu fokus kursor ke area TabControl lalu klik kanan dan pilih “Remove Tab”.

3. Kita telah memiliki satu menu “TabControl” yang didalamnya terdapat 3 menu tab. Untuk merubah nama atau title dari sebuah TabPage dapat anda lakukan dengan cara klik pada “TabPage” yang ingin diganti titlenya, lalu cari properties yang bernama “Text” dan rubah sesuai keinginan anda. pada tutorial kali ini kita akan membuat menu “Merah”, “Biru” dan “Hijau” pada TabPage kita, jadi isikan saja titlenya sesuai dengan tutorial ini.

Keterangan: Merubah title atau text dari TabPage ini dilakukan agar mempermudah pengguna aplikasi kita dalam mengetahui apa saja kira-kira menu yang ada dalam tab-tab tersebut, sehingga para pengguna atau user pada program kita tidak salah atau bingung dalam mencari menu yang diinginkan.

4. Sekarang kita tambahkan pada masing-masing TabPage “Merah”, “Biru”, “Hijau” dengan sebuah button. Untuk menambahkan button di masing-masing TabPage anda harus memfokuskan terlebih dahulu ke TabPage mana button akan ditambahkan, hal ini penting agar tidak terjadi kesalahan pada TabPage bagian mana button yang diperlukan ditempatkan. Setelah anda tambahkan 3 Button (masing-masing satu button pada setiap TabPage), rubah properties textnya sama dengan TabPagenya, yaitu “Merah”, “Biru” dan “Hijau”.

Keterangan: Hal tersebut dilakukan agar ada pembuktian, apakah benar hanya button “Merah” yang akan ditampilkan terlebih dahulu, sebelum TabPage lain dipilih? Karena jika di Load tetapi buttonnya keluar semua, maka sama saja tidak ada gunanya atau tidak dikatakan tersembunyi.

5. Untuk melengkapi tutorial ini tambahkan script atau kode merubah background warna form, hal ini dipilih karena script atau kodenya sangat pendek, sehingga untuk pembuktian atau contoh saja akan lebih mudah dilakukan. Pastekan kode dibawah di masing-masing event “Click” ketiga button warna anda tadi, sehingga hasilnya kurang lebih seperti dibawah.

‘Untuk button “Merah”
    Private Sub Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button2.Click
        Me.BackColor = Color.Red
    End Sub

‘Untuk button “Biru”
    Private Sub Button3_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button3.Click
        Me.BackColor = Color.Blue
    End Sub

‘Untuk button “Hijau”
    Private Sub Button4_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button4.Click
        Me.BackColor = Color.Green
    End Sub

Keterangan: Untuk menambahkan kode perintah pada item Visualbasic .Net, anda dapat mengkliknya dua kali pada item dan langsung menambahkan kodenya. Untuk kasus diatas, setelah anda klik dua kali pada button, kode yang perlu ditambahkan hanyalah yang bagian “Me.BackColor = Color.XXXXX” ini saja, karena yang mengapitnya hanyalah sebuah Sub bawaan Visualbasic .Net.

6. Setelah itu tiba saatnya menjalankan aplikasi anda, saat pertama kali di load maka yang akan ditampilkan hanyalah TabPage1 yaitu “Merah” beserta isinya yaitu button “Merah”. Maka untuk memilih TabPage2 atau “Biru” silakan anda klik menu TabPage “Biru” maka yang ditampilkan hanyalah btutton “Biru” semata, begitu seterusnya.

Keterangan: Setelah anda menjalankan aplikasi dan mengklik buttonnya maka perintah yang dieksekusi akan sesuai dengan perintah yang anda masukkan, semisal seperti diatas jika button “Merah” anda klik, maka background formnya akan berubah menjadi merah dan seterusnya.

Mudah bukan membuat menu tab tersembunyi menggunakan TabControl di Visualbasic .Net? Jika anda mempunyai pertanyaan mengenai masalah menu tab tersembunyi diatas, atau hal-hal lainnya yang ingin ditanyakan silakan meninggalkan komentar. Lihatlah video tutorialnya agar anda dapat dengan mudah untuk memahaminya. Jangan lewatkan artikel sebelumnya mengenai cara membatasi karakter di Visualbasic .Net.

Download Video
Download Code

 

Tags:

  • Code kembali ke tabPage sebelumnya menggunakan tab control visual basic
Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *