Membuat Raport Dengan Microsoft Excel

Membuat Raport Dengan Microsoft ExcelMembuat raport di Microsoft Excel memang bukanlah hal yang mudah, terlebih jika kita baru mulai mengenal aplikasi Microsoft Excel. Kita dapat membuat raport menggunakan Microsoft Excel tidak lain untuk mempermudah serta mempercepat dalam mengolah nilai dan data Siswa.

Dengan menggunakan fasilitas formula yang ada pada Microsoft Excel kita dapat membuatnya dengan mudah setelah mengetahui dasar-dasar dan konsepnya. Ketelitian, ketekunan serta kesabaran sangat diperlukan dalam hal ini.

Untuk membuat raport pada Microsoft Excel kita dapat menggunakan perintah “VLOOKUP”. Perintah ini digunakan untuk melihat data secara vertikal atau tegak lurus keatas dan kebawah, jadi data Siswa yang begitu banyak dapat diolah sedemikian rupa sehingga dapat menjadi raport yang siap dicetak dengan lebih mudah dan cepat.

Artikel Terkait: Mencegah Hasil Error Pada Excel

Selain perintah “VLOOKUP” kita juga harus mengetahui cara memberi nama cell, agar rumus “VLOOKUP” dapat kita gunakan dengan mudah. Untuk itu Saya akan memberikan tutorial dasar-dasarnya kepada Anda dan untuk latihan akan Saya sediakan proyek raportnya yang sudah jadi sehingga Anda dapat melihat rumus-rumusnya dengan lengkap.

Menggunakan Perintah “VLOOKUP” untuk membuat raport:

1. Buka Microsoft Excel Anda, untuk lebih mudahnya pilihlah 6 cell, 3 cell A dan 3 cell B. Blok cell-cell tersebut dan beri nama “NILAI” tanpa tanda petik. Untuk memberi nama silakan blok pada cell yang Anda pilih tadi, lalu pada tab “Formulas” klik menu Define Name dan pada box Name isikan “NILAI”.

2. Beri nomor pada cell paling atas yang telah Anda pilih tadi dengan nomor 1,2 secara urut dan mendatar. Begitu juga cell yang kebawah beri nomor 1,2,3 secara menurun. Setelah itu sisa cell-cell kosong Anda isi dengan nilai-nilai atau angka yang Anda inginkan.

3. Buka sheet2 dan beri angka 1 pada cell A1 atau cell yang pertama sendiri. Setelah itu masukkan rumus seperti ini pada cell yang lain yang Anda inginkan “=VLOOKUP($A$1;NILAI;2)” tanpa tanda petik, dan tekan enter.

4. Setelah itu pasti akan muncul nilai yang berada pada deret 2 dengan nomor urut 1. Sekarang coba Anda ganti cell A1 tadi dengan angka 2, pasti data yang muncul adalah data pada nomor urut 2 dan seterusnya.

Seperti itulah teknik dasar dan rumus yang digunakan untuk membuat raport dengan Microsoft Excel. Jika Anda ingin belajar lebih kompleks silakan download contoh raportnya pada link dibawah postingan.

Anda pelajari, lihat rumusnya dan terapkan, setelah itu jika ada yang belum mengerti dapat Anda tanyakan melalui form komentar. Kedepan akan Saya posting membuat raport kurikulum 2013 beserta projectnya. Semoga artikel membuat raport dengan Microsoft Excel ini bermanfaat buat Anda.

Lihat Video
Download Project

 

Tags:

  • cara membuat program rapor di excel PDF
  • membuat raport sisipan di exce
  • contoh membuat raport sisipan di excel
  • membuat program nilai rapor dengan excel
  • membuat no urut absen siswa pada aplikasi raport
  • membuat no urut absen siswa pada aplikasi raport
  • langkah-langkah bikin raport pada excel
Tags:

One Comment

  1. Pingback: Mengisi Cell Kosong Dengan Angka 0 di Excel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *