Menambahkan Chart Grafik di Toolbox Visual Basic

Posted on
Menambahkan Chart Grafik di Toolbox Visualbasic

Saat masih awam dalam menggunakan Visualbasic .Net saya sering bertanya khususnya dalam diri saya sendiri “Bisakah di Visualbasic .Net ini ditambahkan grafik? sehingga akan memudahkan kita melihat suatu lajur pertumbuhan mahasiswa di suatu universitas?”.

Sebelumnya saya kira tidak bisa, namun ternyata di Visualbasic .Net dapat ditambahkan sebuah item atau komponen grafik. Namun untuk kali ini yang akan saya bahas adalah menambahkan komponennya (item) ke toolbox, bukan cara menampilkannya dengan coding.

Artikel Lain: Menampilkan Image Visual Basic

Kalau untuk masalah menampilkan grafik menggunakan coding akan saya bahas dilain kesempatan.Memang sebagian dari installasi Visualbasic .Net saya menjumpai ada beberapa yang memang sudah ada item grafiknya. Namun sebagian lagi tidak ada, termasuk installasi Visualbasic .Net di komputer saya dahulu sewaktu selesai menginstall.

Untuk itulah saya bermaksud membagi tutorial cara menambahkan item grafik chart di Visualbasic .Net, karena mungkin sebagian besar installasi Visualbasic .Net anda juga sama seperti milik saya yaitu tidak terdapat komponen atau item grafik chart ini. Sehingga mungkin akan membantu anda yang mencarinya, ataupun anda yang sekedar ingin mencobanya sebagai tambahan ilmu atau referensi.

Untuk menambahkan item chart atau grafik di Visualbasic .Net, anda harus mempunyai tiga (3) komponen yaitu: MSCHRT20.DEP, MSCHRT20.OCX, MSCHRT20.SRG. Tiga komponen file inilah yang akan kita gunakan untuk menambahkan item grafik chart di toolbox Visualbasic .Net kita. Tetapi yang ditambahkan cukup komponen file “MSCHRT20.OCX” saja, dan tiga komponennya harus ada dalam satu folder tidak dapat dipisah, apalagi anda hapus. Untuk menambahkan item grafik chart di Visualbasic .Net silakan ikuti langkah-langkahnya dibawah.

Pertama-tama jadikan ke tiga (3) file “MSCHRT20.DEP, MSCHRT20.OCX, MSCHRT20.SRG” dalam satu folder, anda dapat memberi nama foldernya “chart”. Setelah itu pindahkan atau copy folder chart tadi kedalam direktori tempat anda menginstall Microsoft Visualstudio (Visualbasic), Contoh pathnya: “C:Program FilesMicrosoft Visual Studio 9.0chart”. Tujuan dari memindahkan ketiga file ini adalah agar file komponennya tetap terjaga dengan aman, jangan ditaruh di desktop kalau secara tidak sengaja anda hapus maka item chartnya nanti akan error ataupun hilang dari toolbox Visualbasic .Net anda.

Sesudah anda pindahkan ke direktori yang aman, sekarang buka Visualbasic .Net anda, buatlah sebuah project baru, apa saja yang penting ada formnya. Sesudah itu arahkan cursor ke bagian toolbox disebelah kiri dari form projet anda. Setelah toolbox terbuka klik kanan di toolbox tersebut lalu pilih “ChooseItems”, tunggulah proses ini karena biasanya lumayan lama. Jika proses ini sudah selesai anda akan dibawa ke menu Pop Up “Choose Toolbox Items”, setelah itu dibagian tersebut ada beberapa tab, namun yang akan kita gunakan kali ini adalah tab “COM Components”. Silakan klik tab “COM Components”, biasanya saat mengklik tab ini kita juga akan menunggu loading (Proses memuat semua data Com Components), tunggulah proses ini hingga selesai.

Setelah tab “COM Components” terbuka, sekarang saatnya anda tambahkan satu file yang bernama “MSCHRT20.OCX” dari ketiga komponen file yang saya sebutkan tadi. Caranya adalah klik “Browse”, anda akan dibawa pada pencarian lokasi file yang anda simpan di direktori penginstallan Microsoft Visual Studionya tadi, atau tepatnya path “C:Program FilesMicrosoft Visual Studio 9.0chart”. Jika sudah pilih file yang bernama “MSCHRT20.OCX”, klik dua kali atau klik sekali dan “open”. Setelah anda “open” atau anda pilih maka pada bagian tab “COM Components” seharusnya sudah muncul item yang bernama “Microsoft Chart Control”, agar lebih mudah mencarinya tekan saja huruf “M” pada keyboard, lalu anda cari item yang bernama “Microsoft Chart Control” menggunakan arah atas dan bawah di keyboard anda.

Jika Microsoft Chart Control sudah anda temukan, anda cetang “CekBox” disebelah kirinya, lalu setelah anda klik “Ok”. Jika semua langkah sudah dilakukan dengan benar seharusnya Microsoft Chart Control sudah ada pada items toolbox Visualbasic .Net anda. Tetapi agar prosesnya berjalan sempurna saya sarankan anda untuk merestart Microsoft Visual Studio atau Visualbasic .Net anda. Caranya adalah dengan menutup semua project anda beserta Microsoft Visual Studionya, lalu buka lagi Microsoft Visual Studio anda dan tambahkan “Microsoft Chart Control” yang ada pada items toolbox Visualbasic .Net anda ke form project anda.

Nanti jika berhasil maka akan ada grafik di form project anda. Kalau grafiknya tidak terlihat, dapat anda perbesar dengan cara menyeret garis fokus pada grafik chart tersebut agar grafiknya kelihatan. Disini saya belum akan memberikan tutorial mengenai bagaimana menampilkannya berdasarkan data real dengan menggunakan coding, itu akan kita bahas di tutorial-tutorial selanjutnya.

Mungkin sebagian dari anda masih bingung dengan langkah-langkah diatas?. Maka dari itu videonya sudah saya sediakan dibawah postingan ini. Anda lihat dan pelajari bagaimana cara menambahkan grafik chart ke komponen items toolbox Visualbasic .Net anda. Semoga artikel dan video yang saya sediakan dapat senantiasa membantu dan menambah ilmu pengetahuan anda tentang Visualbasic .Net. Jangan lewatkan artikel sebelumnya mengenai cara melihat exipred sebuah domain atau blog.

Download Video
Download Component

 

Tags:

membuat grafik cekbox, cara menyimpan foto dari vb6

3 thoughts on “Menambahkan Chart Grafik di Toolbox Visual Basic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *