Menghapus Data Visual Basic

Cara menghapus data dalam database menggunakan visualbasic vb.net

Melanjutkan artikel tentang Cara menyimpan data ke dalam database dan mengubah data kedalam database menggunakan Visualbasic .Net, sekarang adalah saatnya membuat tutorial bagaimana cara menghapus data yang ada didalam database.

Artikel Lain: Simpan Data Visual Basic .NET

Fungsi menghapus data yang ada didalam database ini adalah, jika terdapat kesalahan yang banyak dalam pemasukkan data, seorang user dapat menghapus dan menggantinya dengan cepat. Tidak hanya itu penghapusan ini juga berfungsi jika suatu data yang ada dalam database sudah kedaluarsa kita bisa menghapusnya melalui program kita dengan cepat dan mudah.Untuk menghapus data didalam database menggunakan program Visualbasic .Net, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Silakan baca artikel Cara menyimpan data ke dalam database dan mengubah data kedalam database, karena disini cara menghapus data kita tidak akan menambahkan region maupun deklarasi karena kemarin sudah kita pasang dalam artikel tersebut, ini merupakan artikel lanjutan.

2. Sesudah region dan deklarasi Anda pasang, tambahkan sebuah button pada project Anda, Text dan Nama pada propertiesnya bisa Anda rubah menjadi Hapus dan BThapus, ini opsional.

3. Klik dua kali pada Button Hapus Anda, dan tambahkan kode atau script berikut ini:

mycmd.CommandText = “delete from tbmudamers where nomudamers='” & Me.TNO.Text & “‘”
        mycmd.Connection = myconnection.open
        mycmd.ExecuteNonQuery()
        myconnection.close()
        bacamudamers()

4. Coba jalankan project Anda, sesudah itu jika ada data seharusnya muncul pada ListView, karena pada dua artikel sebelumnya sudah kita pasang di form loadnya, dan seharusnya bila di klik pada Listviewnya data itu akan muncul pada Textbox.

5. Setelah Anda klik pada salah satu data di Listview dan Muncul di Textbox, langsung saja hapus dengan cara klik button hapus Anda.

6. Selesai begitulah cara menghapus data menggunakan program Visualbasic .Net.

7. Saya akan jelaskan lebih detail tentang script atau kode ini:

1. mycmd.CommandText = “delete from tbmudamers where nomudamers='” & Me.TNO.Text & “‘” = Kode disamping merupakan sebuah variabel yang sudah kita buat yaitu mycmd, .CommandTextnya adalah perintah sql dalam bentuk teks yang berarti String, dan “delete from tbmudamers where nomudamers='” & Me.TNO.Text & “‘” ini merupakan perintah sql untuk menghapus data dalam tbmudamers dimana field yang dihapus adalah nomudamers yang sama dengan TNO.Text [Textbox nomudamers].

2. mycmd.Connection = myconnection.open = Perintah untuk membuka koneksi ke database kita.

3. mycmd.ExecuteNonQuery() = Mengeksekusi  perintah yang kita berikan, dalam hal ini menghapus data.

4. myconnection.close() = Menutup koneksi yang telah dibuka.

5. bacamudamers() = Meload sub bacamudamers() dimana sub ini berfungi menampilkan data kedalam Listview.

8. Saya ingatkan lagi agar Anda selalu menonton Video yang sudah Saya praktekkan dibawah, agar Anda tidak bingung. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda semua terutama iNaVBers.

Download Video
Download Code

 

Tags:

  • trik mempercepat simpandata ke database pada vb6
  • Cara membuat absen di vb 10
  • cara melihat vb net yang sudah tersimpan
Tags:

5 Comments

  1. Pingback: Option File Player 2015 untuk PES 2006

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *