Pencarian Data Kombinasi Enter Visual Basic

Posted on
Pencarian Data Kombinasi Enter Visualbasic

Setelah pada tutorial sebelumnya kami membahas bagaimana membuat pencarian data biasa dan hasilnya ditampilkan pada listview. Sekarang kami akan membahas pencarian data menggunakan kombinasi tombol enter pada keyboard.

Pencarian data ini sedikit berbeda dengan metode sebelumnya, namun pada intinya tetaplah sama yaitu berfungsi mencari data yang ada dalam database, meskipun pada implementasinya sangat jauh berbeda.Pada pencarian data dengan kombinasi tombol enter ini akan saya analogikan dengan sebuah kasus.

Artikel Lain: Menambahkan Chart Pada Toolbox Visual Basic

Misalnya, kami memiliki sebuah database dan sudah ada data didalam database anda tersebut, contoh saja pada tabel inavb terdapat field-field berikut “no_induk,nama,alamat,nomor_telp,status” dan lain-lain. Nah pada suatu waktu pengguna aplikasi kami ingin mencari data yang dimaksud berdasarkan “no_induk”, maka ketika nomor induk yang dicari ada didalam database, field yang lain seperti nama, alamat dan lain-lain ditampilkan secara otomatis pada label yang telah kami tentukan.

Tentunya metode seperti ini sangat berguna jika aplikasi yang kami buat, sebagian data diisi manual dan sebagian lagi otomatis, sehingga dapat mempersingkat waktu pengolahan data yang diperlukan.Disini kami menggunakan tombol “enter” sebagai metode untuk melakukan eksekusi terhadap perintah-perintah kodenya, dikarenakan tombol enter sudah biasa digunakan untuk mengeksekusi maupun membuka sebuah program aplikasi.

Oleh karena itu kami tidak dapat jauh-jauh dari kode key ascii, dan event keypress pada coding aplikasi di Visualbasic .Net nanti. Kami juga tidak akan membahas lagi mengenai cara membuat koneksinya secara detail, untuk pembahasan koneksi pencariannya yang dibahas secara detail dapat anda temukan disini.

Untuk membuat pencarian data dengan kombinasi enter pada keyboard silakan ikuti langkah-langkah dibawah:

1. Pastikan anda sudah mempunyai data didalam database, kalau belum buat saja databasenya di microsoft access, anda bisa melihat cara pembuatan databasenya disini. Setelah itu tambahkan sebuah module dan taruh kode koneksi berikut diantara sub modulenya. Jika anda bingung cara menaruh kode koneksinya silakan lihat pada artikel menyimpan data ataupun pencarian data.

Public Function pencarian() As System.Data.OleDb.OleDbConnection
Dim con As System.Data.OleDb.OleDbConnection
con = New System.Data.OleDb.OleDbConnection(“Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0; Data Source=mudamers.mdb;”)
Return con
con = Nothing
End Function

Keterangan: Kode diatas merupakan kode koneksi yang harus diletakkan diantara sub modulenya contoh module anda bernama koneksidata, jadi taruh diantara kode-kode ini “Module koneksidata *****Disini kode Anda****** End Module”. Kode diatas menghubungkan aplikasi yang kita buat dengan database dari microsoft access yang bernama “mudamers.mdb”. Databasenya saya simpan dengan format access 2003.

2. Setelah itu tambahkan sebuah textbox dan label, kami mencontohkan kasus ini pada database yang di dalam tabelnya ada dua field yaitu username dan password. Jadi ketika username diketikkan dan usernamenya memang ada dalam field, setelah dienter maka passwordnya akan dimunculkan disebuah label. Labelnya dapat anda tentukan sendiri, beserta jumlah data yang ingin ditampilkan. Setelah textboxnya anda tambahkan klik dua kali pada textbox tersebut, rubah event “textchanged” dari textbox anda menjadi event “keypress”, lalu pastekan kode dibawah:

If e.KeyChar = Chr(13) Then
Dim DA As OleDbDataAdapter
DA = New OleDbDataAdapter(“SELECT * FROM inavb WHERE username= ‘” & TNO.Text & “‘”, koneksidata.pencarian)
Dim DT1 As New DataTable
DT1.Clear()
DA.Fill(DT1)
If DT1.Rows.Count = Nothing Then
MsgBox(“DATA YANG ANDA CARI TIDAK ADA, ULANGI LAGI !!”, MsgBoxStyle.Critical, “www.inavb.com”)
TNO.Focus()
Me.TNO.Clear()
Me.TNAMA.Clear()
Else
MsgBox(“DATA YANG ANDA CARI ADA !!”, MsgBoxStyle.Information, “www.inavb.com”)
bacanama()
TNOTELP.Focus()
End If
End If

Keterangan: Kode diatas berfungsi jika tombol enter pada keyboard ditekan maka program akan mencari username yang usernamenya samadengan yang diketikkan pada “TNO”. Jika program tidak menemukan username tersebut dalam database, maka program akan memberi pesan bahwa data tidak ada, fokus cursor tetap, dan program akan menghapus teks yang ada pada “TNO” dan “TNAMA”. Jika data yang dicari berdasarkan username yang diketikkan ada, maka program akan memberi pesan bahwa datanya ditemukan, lalu memanggil sub bacanama, setelah itu fokus kursornya pidah ke “TNOTELP”.

3. Langkah terakhir adalah menambahkan sub “bacanama” yang diletakkan dibawah “Public Class” maupun didalam sebuah region. Tanpa sub “bacanama” ini maka program akan error karena “bacanama” digunakan pada perintah sebelumnya, yaitu jika data ketemu maka akan dieksekusi. Untuk menambahkan Sub “bacanama” silakan paste kode dibawah ini diantara region anda maupun di kode bagian atas dari kode-kode program anda.

Sub bacanama()
mycmd = myconnection.open.CreateCommand
mycmd.CommandText = “SELECT * FROM inavb where username='” & Me.TNO.Text & “‘”
objdatareader = mycmd.ExecuteReader
While objdatareader.Read
Me.TNAMA.Text = objdatareader.Item(“password”).ToString
End While
myconnection.close()
End Sub

Keterangan: Sub bacanama tersebut berfungsi untuk mencari semua data yang ada ditabel inavb dengan field usernamenya berdasarkan “TNO”, maka jika usernamenya ketemu, “TNAMA” akan diisikan dengan field “password” dengan usernamenya yang sama dengan yang diketikkan atau dicari tadi. Jika anda ingin menampilkan field lain seperti alamat,no_telp, dan lain-lain, maka taruh kodenya dibawah “While objdatareader.Read”. Serta jangan lupa mengganti fieldnya sesuai dengan nama field yang ada di database.

Sekarang saatnya anda jalankan project aplikasi Visualbasic .Net anda. Anda coba cari username dengan mengetikkan pada textbox anda, lalu tekanlah tombol enter pada keyboard dan jika username tersebut ketemu, data password akan ditampilkan dalam label, dalam kasus diatas labelnya bernama “TNAMA”. Anda dapat merubah kodenya sesuai kebutuhan aplikasi anda. Agar lebih paham dan detail silakan lihat videonya yang sudah saya prektekkan dibawah. Jangan lewatkan artikel sebelumnya mengenai cara membuat menu dropdown di Visual Basic .Net.

Download Video
Download Code

 

Tags:

pencarian menggunakan Key Ascii visual basic 6, kodingan enter pada listview vb6, cara membuat soal yang ada nama dan loading di visual basic, cara mencari data di textbox dan muncul di textbox vb 6 0, keypress and listview vb database, mencari data di visual basic dengan enter, pencarian data access 2003, coding tombol cari di vb 06 dengan dua variabel, kodingan pencarian data yg sama pada vb, membuat pencarian data tanpa tombol di vb, pencarian data dari combobox ke textbox pada vb, textbox KODE diisi dan ditekan ENTER akan melakukan pencarian pada database jika datanya ada akan menampilkan delphi, pancarian kombinasi

6 thoughts on “Pencarian Data Kombinasi Enter Visual Basic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *