Membuat Kalkulator Sederhana Visual Basic

Posted on
Cara Membuat Kalkulator Sederhana Menggunakan Visualbasic .Net

Dengan Visualbasic .Net kita bisa membuat aplikasi kalkulator yang sederhana dan simple, sehingga mudah sekali penggunaannya, apalagi kalau kalkulatornya untuk kita gunakan sendiri di komputer kita.Untuk membuat kalkulator di Visualbasic .Net, kita akan memanfaatkan perintah “Val” (Value), perintah ini digunakan untuk mendapatkan nilai dari sebuah angka atau bilangan real.

Artikel Lain: Membuat Komentar Facebook Berdampingan di Blog

Maksudnya adalah jika kita menambahkan (1 + 1) tanpa menggunakan perintah “Val”, maka komputer atau khususnya Visualbasic .Net akan menghasilkan angka 11 bukan 2. Sudah mengerti sekarang?. Untuk itulah perintah “Val” ini merupakan bagian yang sangat penting dalam pembuatan kalkulator, karena berfungsi ganda sebagai bagian yang memang diperlukan untuk operator dan sekaligus berperan menjadi Validasi dalam kasus membuat kalkulator.

Dalam membuat Kalkulator yang perlu diperhatikan adalah Validasi untuk Textbox, Combobox, maupun Labelnya. Untuk itu sebelum membuat silakan tambahkan 4 komponen, yaitu 2 TextBox, 1 ComboBox, 1 Button dan 1 Label. Jika sudah Anda tambahkan pada Form Project Visualbasic .Net Anda, Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk membuat Kalkulator sederhana.

Langkah-langkah membuat Kalkulator di Visualbasic .Net:

1. Pastikan semua komponen sudah Anda tambahkan yang terdiri dari: 2 TextBox untuk inputan angka, 1 ComboBox sebagai penempatan operator, 1 Button untuk melakukan serta menjalankan aksi (perintah), 1 Label untuk menampilkan hasil.

2. Klik dua kali pada Form Project Anda, dibawah Public Class Form Project Kalkulator Anda tambahkan sebuah region “deklarasi”, kode atau scriptnya seperti berikut:

#Region “deklarasi”
Sub tampilkancombo()
Me.ComboBox1.Items.Add(“+”)
Me.ComboBox1.Items.Add(“-“)
Me.ComboBox1.Items.Add(“*”)
Me.ComboBox1.Items.Add(“/”)
End Sub
#End Region

3. Setelah itu panggil sub “tampilkancombo” diatas pada event Form Load kalkulator Anda, sehingga hasilnya seperti dibawah. Ingat sesuaikan nama yang di panggil dengan nama Sub yang telah Anda buat!.

Private Sub Form_Praktek_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
tampilkancombo()
End Sub

4. Jika sudah selesai klik dua kali pada button Anda, dan tambahkan kode atau scriptnya seperti dibawah. Ini merupakan kode validasi sekaligus kode untuk mendapatkan sebuah nilai dari angka-angka yang kita inputkan pada TextBox.

If Me.ComboBox1.Text = “” Then
MsgBox(“Pilih operatornya!”, MsgBoxStyle.Information, “Notice!”)
ElseIf Me.TextBox1.Text = “” Or Me.TextBox2.Text = “” Then
MsgBox(“Masukkan angkanya!”, MsgBoxStyle.Information, “Notice!”)
ElseIf Me.ComboBox1.Text = “+” Then
Label1.Text = Val(Me.TextBox1.Text) + Val(Me.TextBox2.Text)
ElseIf Me.ComboBox1.Text = “-” Then
Label1.Text = Val(Me.TextBox1.Text) – Val(Me.TextBox2.Text)
ElseIf Me.ComboBox1.Text = “*” Then
Label1.Text = Val(Me.TextBox1.Text) * Val(Me.TextBox2.Text)
Else
Label1.Text = Val(Me.TextBox1.Text) / Val(Me.TextBox2.Text)
End If

5. Kalkulator Anda sudah selesai, sekarang coba jalankan Project Kalkulator Anda. Agar kalkulatornya lebih bagus dan lebih sempurna, silakan kembangkan dan sesuaikan dengan kemampuan serta kreativitas yang Anda miliki. Berikutnya akan dijelaskan mengenai kode atau script Program diatas.

Kode pada bagian poin nomor (2) adalah sebuah region deklarasi yang didalamnya terdapat sebuah sub yang bernama “tampilkancombo”. Pada sub ini fungsinya adalah untuk mengisi item-item yang terdapat pada ComboBox tersebut. Namun item-item ini tidak akan muncul sebelum dipanggil sub atau perintah selanjutnya.

Kode pada bagian poin nomor (3) adalah perintah yang akan memanggil “Sub tampilkancombo”, dimana dalam sub ini juga terdapat perintah untuk mengisikan ComboBox dengan item-item (+,-,*,/). Jadi penting agar memanggil nama sub dengan benar agar aplikasi Anda tidak error, atau tidak terjadi kesalahan karena belum terdeklarasi.

Kode yang terakhir adalah kode yang terdapat pada poin nomor (4), Fungsi dari kode ini adalah sebagai Validasi. Disamping itu juga kode ini berfungsi sebagai Perintah untuk Menjumlahkan, Mengurangi, Mengalikan maupun Membagi sesuai dengan operator yang ada Pada ComboBox. Misalkan Anda ingin menjumlahkan namun belum memasukkan angkanya, maka program akan memberikan pesan pemberitahuan, ini yang disebut Validasi. Nah Anda mengalikan 2 * 2 dan hasilnya 4, ini merupakan nilai yang didapatkan dari sebuah perintah Val yang terdapat pada Button Klik tersebut.

Mudah bukan membuat Kalkulator di Visualbasic .Net?. Untuk itu sebagai acuan untuk membuat Kalkulatornya, Saya sarankan untuk melihat videonya juga yang sudah Saya kemas sedemikian rupa dibawah postingan ini. Mungkin Anda juga ingin membaca artikel sebelumnya tentang Membuat Form di Visualbasic .Net tidak bisa di Maximize, Minimize dan Close. Sekian dari Saya semoga artikel Membuat Kalkulator ini bermanfaat.

Download Video
Download Code

 

Tags:

coding kalkulator sederhana menggunakan combo box, download video pembuatan kalkulatos sederhana vb, cara membuat kalkulator sederhana menggunakan visual basic, cara menampilkan gambar dan sisa poin di vb, cara menampilkan gambar dan sisa poin di vb, membuat kalkulator menampilkan sisa dalam satu textbox dengan visual basic/2012

5 thoughts on “Membuat Kalkulator Sederhana Visual Basic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *