Membuat Menu Dropdown di Visual Basic

Posted on
Membuat Menu Dropdown di Visualbasic

Membuat menu dropdown di Visualbasic .Net itulah judul kita kali ini, mungkin sebagian dari anda menganggapnya bukankah menu dropdown hanya ada di pemrograman website dan blog. Namun saya menyebutnya dropdown memang seperti kenyataannya jika menunya di klik dapat tampil menu lagi dibawahnya maupun dikanannya.

Artikel Lain: Cara Melihat Masa Aktif Domain

Bagi anda yang merasa kurang pas jika disebut menu dropdown silakan cari sendiri nama yang pas menurut anda.Kalau kemarin pada tutorial sebelumnya sudah dibahas cara membuat menu klik kanan di Visualbasic .Net, menu dropdown ini sangat jauh berbeda.

Menunya berada di atas aplikasi, saya contohkan dengan mudah, menu yang akan kita buat ini seperti menu pada aplikasi “notepad”, tentu anda tahu bukan? Bagi pengguna windows pasti sudah tidak asing lagi. Notepad adalah sebuah text editor bawaan dari sistem operasi windows.

Menu yang akan kita buat seperti menu yang ada di notepad bagian atas tersebut contoh bagian menu “File”, “New”, dan “Open”.Selain akan saya jelaskan mengenai cara membuat menunya, akan saya jelaskan pula cara membuat menu shortcutnya.

Shortcut merupakan jalan pintas atau cara cepat mengeksekusi perintah maupun aplikasi menggunakan kombinasi tombol yang ada pada keyboard, contoh untuk mengkopi “Ctrl+C”, untuk paste “Ctrl+V”, itulah yang disebut shortcut. Kalau sudah mengetahui pengertian menu yang akan kita buat sekarang saatnya mempraktekkannya.

Untuk membuat menu dropdown silakan ikuti langkah dibawah:

1. Buatlah sebuah form di project Visualbasic .Net anda, anda bisa membuatnya sebagai menu utama. Menu utama biasanya digunakan untuk memanggil form-form lainnya di Visualbasic .Net. Namun jika anda ingin menggunakannya untuk mengeksekusi sebuah perintah juga tidak apa-apa.

2. Arahkan mouse anda ke toolbox di sebelah kiri project Visualbasic .Net anda. Cari item menu yang bernama “MenuStrip”, biasanya terdapat dibawah item “MaskedTextbox” pada menu tab “All Windows Form”. Sesudah ketemu anda klik kiri satu kali “MenuStrip” tersebut, lalu anda klikkan lagi satu kali pada form project Visualbasic .Net anda.

3. Sesudah “MenuStri” berada di form project anda, sekarang anda sudah bisa memulai membuat menu. Untuk membuat menu pastikan fokus cursor ke “MenuStrip” anda yang ada di form. Anda mulai bisa membuatnya dengan cara mengklik dua kali “MenuStrip” tersebut, setelah itu anda ketikkan nama menu yang ingin anda tampilkan. Contoh saya ingin membuat menu “Warna”, maka pada menu utamanya saya ketikkan “Warna”, dibawahnya bisa “Merah”, “Biru”, “Hijau” dan yang lainnya.

4. Selain membuatnya dropdown kebawah, anda juga bisa membuatnya slideshow ke kanan. Caranya adalah ketikkan sub menu seperti yang saya contohkan tadi seumpama “Merah”, dikanan merah masih bisa anda ketikkan lagi, contoh “Merah Muda” atau “Merah Jingga”. Kalau membuat menunya sudah selesai mari kita buat untuk menu shortcutnya.

5. Untuk membuat shortcut silakan klik sekali pada menu yang telah anda buat, contoh pada menu “Biru” yang telah kita buat. Saya klik sekali di menu “Biru”, lalu carilah properties yang bernama “ShortcutKeys”, disitu defaultnya adalah “None”, anda dropdown kebawah disitu ada beberapa opsi untuk kombinasi tombol shortcutnya seperti tombol “Ctrl,Shift,Alt,A-Z,F1-F9” dan seterusnya.

6. Saya akan coba membuat menu “Biru” mempunyai tombol shortcut “Alt+B”, maka saya centang bagian “Alt” dan hurufnya saya pilih “B”. Sesudah itu anda tekan “Enter”, ini penting gunakanlah enter sesudah membuat menu shortcutnya. Karena menurut pengalaman saya, ditekan “Enter” agar menghindari dari anggapan belum memilih shortcut oleh Visualbasic .Net.

7. Membuat menu dropdown sekaligus shortcutnya telah selesai sekarang terserah anda menu tersebut ingin diisi perintah apa. Contoh menu “Biru” ingin saya buat ketika di klik background formnya berwarna biru, maka saya klik 2x menu “Biru” tersebut, lalu pada bagian codingnya saya tambahkan kode merubah background form menjadi biru seperti ini “Me.BackColor = Color.Blue” tanpa tanda petik, anda juga bisa mencobanya. Maka anda dapat memanggil perintah membuat background form menjadi biru dengan mengklik menu “Biru” ataupun dengan tombol shortcut “Alt+B”.

8. Sekedar tips, jika anda ada kesalahan posisi dalam membuat nama menu yang dimunculkan, anda dapat merubah posisinya semau anda dengan cara menggeser atau menukar posisi menu dengan menu lainnya menggunakan “cursor” mouse. Anda juga dapat memasukkan ikon pada menu tersebut, dengan memasukkan gambar pada properties “Image”. Saya sarankan menggunakan gambar yang kecil berukuran 16 x 16 pixels.

Mudah bukan membuat menu dropdown di Visualbasic .Net? Agar lebih mudah lagi dalam membuat menu dropdownnya silakan lihat video yang sudah saya praktekkan dibawah agar semakin jelas. Jika ada yang kurang paham dan ingin ditanyakan silakan tinggalkan komentar. Jangan lupa baca artikel sebelumnya mengenai cara menambahkan chart di toolbox Visualbasic .Net.

Download Video
Download Code

 

Tags:

cara membuat menu dropdown di vb 6 0, membuat menu puldown pada visual basic, cara geser slide di vb6, cara buat dropdown di vb6, cara membuat tampil kan nama di menu utama di vb net, cara menambahkan menu strip di vb 6, cara membuat shortcut pada form menu utama di vb6, menambahkan meny strip combobox, cara membuat dropdownlist di vb net

6 thoughts on “Membuat Menu Dropdown di Visual Basic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *