Rapor Kurikulum 2013

Rapor Kurikulum 2013 Excel Macro

Posted on

Rapor Kurikulum 2013Bentuk rapor kurikulum 2013 (K13) memang membuat banyak pihak disekolah menjadi sedikit pusing, terutama yang bekerja pada bagian kurikulum. Hal ini terjadi karena kurikulum 2013 (K13) baru saja diterapkan. Untuk itulah mengapa saya ingin berbagi dengan anda mengenai aplikasi rapor kurikulum 2013 (K13) menggunakan excel macro ini.

Sebelumnya aplikasi rapor kurikulum 2013 (K13) ini memang sebagian besar saya kembangkan sendiri, namun untuk dasar pembuatan aplikasi serta beberapa coding bahan macronya saya dapatkan dari sekolah lain dan referensi dari internet, lalu saya kemas sedemikian rupa hingga menjadi aplikasi rapor kurikulum 2013 (K13) seperti yang akan saya bagikan kepada anda sekarang, sedangkan untuk bentuk rapornya lebih mengacu kepada Surat Keputusan menteri (SK) dari permendikbud mengenai bentuk rapor kurikulum 2013 (K13).

Aplikasi rapor kurikulum 2013 (K13) ini nantinya dapat anda kembangkan lagi, sehingga kedepannya menjadi lebih baik. Setelah itu anda dapat berbagi lagi kepada kami dengan hasil modifikasi rapor kurikulum 2013 (K13) yang telah anda kembangkan. Itu harapan kami agar kita dapat saling membantu meringankan tugas. Dua tangan masih lebih baik daripada satu tangan. Perlu diingat bahwa aplikasi rapor kurikulum 2013 (K13) ini hanyalah referensi yang mungkin dapat membantu anda meskipun tidak untuk sebagai acuan atau bahan patokan.

Berikut akan saya jelaskan bagian-bagian pada aplikasi rapor kurikulum 2013 (K13) ini yang harus anda pelajari nantinya:

1. Sheet (Menu)
Sheet ini digunakan untuk mempercepat dalam membuka semua sheet (halaman) yang ada pada aplikasi rapor kurikulum 2013 (K13). Sebenarnya ini adalah hyperlink yang dapat kita sebut juga sebagai shortcut (tombol pintas/cepat). Pada menu ini anda diwajibkan untuk mengisi nama dan nip kepala sekolah beserta wali kelas, yang nantinya akan muncul pada tanda tangan rapor.

2. Sheet (Nilai Mapel dan Ekstra)
Sheet ini digunakan untuk menginputkan data-data seperti nilai, ekskul, kehadiran siswa dll. Dalam sebuah aplikasi, ini dapat disebut sebagai sumber (database), namun bukan database dalam arti sebenarnya, karena hanya perumpamaan saja. Jadi semua nilai dan lain-lain nantinya harus dimasukkan pada sheet ini. Mulai dari nilai sikap sosial spiritual, pengetahuan serta keterampilan beserta deskripsi-deskripsinya. Untuk nilai angka, pada sheet ini menggunakan range 1-100 yang nantinya akan di konversi otomatis oleh program menjadi angka atau nilai 1-4, seperti ketentuan kurikulum 2013 (K13).

3. Sheet (Nilai UTS)
Sheet ini sebenarnya hanya digunakan untuk menampilkan nilai UTS pada rapor sisipan. Namun sekali lagi ini hanya referensi, anda dapat menggunakannya maupun tidak, sesuai dengan kebijakan sekolah anda masing-masing dalam menentukan format rapor yang tentunya berdasarkan pada keputusan menteri.

4. Sheet (Rapor Sisipan)
Sheet ini digunakan untuk menampilkan dan mencetak rapor sisipan. Sudah saya berikan tombol macro untuk mencetak sehingga anda dapat dengan lebih mudah dan cepat saat mencetak rapor.

5. Sheet (Rapor)
Sheet ini digunakan untuk menampilkan dan mencetak rapor semester ganjil maupun genap. Sheet ini merupakan hasil akhir rapor utama dari aplikasi.

6. Sheet (Deskripsi Gasal)
Sheet ini digunakan untuk menampilkan serta mencetak deskripsi rapor semester gasal (ganjil).

7. Sheet (Deskripsi Genap)
Sheet ini digunakan untuk menampilkan serta mencetak deskripsi rapor semester genap. Tentu semua tahu bahwa yang membedakan dengan semester ganjil adalah pada semester genap terdapat tanda tangan kepala sekolah, sedangkan pada semester ganjil tidak.

8. Sheet (Rapor Ekstra)
Sheet ini digunakan untuk menampilkan serta mencetak rapor bagian nilai-nilai ekstrakurikuler, kehadiran siswa dan sebagainya.

9. Sheet (Rangking)
Sheet ini digunakan untuk melihat peringkat ataupun rangking siswa, hal ini sebenarnya opsional, anda dapat melihat rangking siswa secara otomatis pada sheet “Nilai Mapel dan Ekstra” tentunya setelah semua nilai di inputkan.

10. Sheet (Source)
Sebenarnya sheet ini saya umpamakan database, karena isinya akan saya tampilkan di sheet lain dalam bentuk yang berbeda, misalnya combobox pilihan semester, kelas, tahun dan lain sebagainya.

Seperti itulah penjelasan singkat mengenai bagian-bagian aplikasi rapor kurikulum 2013 (K13) menggunakan excel macro ini. Aplikasi rapor kurikulum 2013 (K13) ini hanyalah referensi, bukan sebagai acuan. Jadi jika sesuai dapat anda gunakan dan jika tidakpun setidaknya mungkin akan memberi inspirasi dan referensi bagi anda.

Anda dapat mendownload aplikasi rapor kurikulum 2013 (K13) ini pada link yang telah saya sediakan dibawah. Jika anda ingin bertanya lebih detail anda dapat memberi komentar maupun mengirim email kepada saya, semoga hal ini dapat membantu kita semua termasuk saya sendiri. Terima kasih telah bersedia membaca artikel di inavb.com ini, jangan lewatkan artikel lain mengenai iNaVB Folder Protector.

Lihat Video
Download Aplikasi Rapor K13

 

Tags:

rapor k13 excel, cara mengatasi REF pada aplikasi rapot k13, program raport k13 macro excel, Cara memberikan rengking pada rapot k13, panduan mencetak aplikasi rapor, Cara mengatasi aplikasi raport k13 yang tidak menampilkan deskripsi, cara mengatasi cannot run the macro pada aplikasi rapor kls 4, cara membuat aplikasi raport kurikulum 2013 di excel, kenapa deskripsi pada rapor k13 kok hilang, cara buat aplikasi raport macro, coding raport k13 vb, ada berapakah database dalam pembuatan rapor menggunakan aplikasi vb, cara membuat aplikasi raport kurikulum 2013 dengan excel, cara membuat aplikasi raport kurikulum 2013 di excel, cara membuat deskripsi di aplikasi raport kurikulum 2013, cara membuat aplikasi raport kurikulum 2013 di excel, cara membuat aplikasi raport kurikulum 2013 di excel, membuat raport kurikulum 2013 dengan menampilkan deskripsi pada excel, scriptrumus raport kurikulum 2013, membuat raport dengan macro excel, cara setting deskripsi raport k13 rata kiri, cara membuat rqpor k13, cara print raport k13, tutorial membuat raport dengan macro excel, ga bisa print macro rapot kurikulum 2013, k13 pusing, rapor k 13, aplikasi rapor excel, rapot k 13, rapor kurikulum 2013 untuk sd dengan menggunakan visual basic, rapor kurikulum 2013 untuk sd dengan menggunakan visual basic, aplikasi raport excel dan vb, aplikasi rapor sekolah dengan vb net, CARA MENJALANKAN APLIKASI RAPOR K 13, cara memgaktifkan macro dalam aplikasi raport 2013, memunculkan rumus di rapot k 13, menampilkan deskripsi pada apliksi exel k13, Cara menyeting macro setting pada aplikasi raport k13, can not run the macro aplikasi rapor k 13, cara print raport k13, rumus membuat diskrifsi rapor k13 pada exel, tutorial buat data base aplikasi k13, contoh raport sisipan mapel k13

14 thoughts on “Rapor Kurikulum 2013 Excel Macro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *